MICROSOFT EXCEL 2007
A.
Pengenalan
Microsoft Excel 2007
1. Cara memulai aplikasi Microsoft Excel
2007
Langkah-langkah:
1.
Pilih
tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2.
Setelah
muncul tampilan menunya pilih Program.
3.
kemudian
Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel, tunggu beberapa saat hingga
buku kerja Excel ditampilkan.
4.
Buku kerja siap digunakan
2.
Cara mengakhiri Exvel 2007
Cara untuk menutup proram adalah dengan cara
mengklik tombol “close” yang terdapat di sebelah kanan atas windows Excel atau
dapat juga melalui icon control menu yang terdapat di pojok kiri, caranya:
a.
Klik ikon menu Microsoft Excel 2007
b.
Pilih dan klik Exit Excel
3. Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum melakukan pengolahan
data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus
mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft
Exel.
Unsur-unsur utama
Layar Microsoft Excel 2007:
1)
Judul : Judul menampilkan judul program dan dokumen
aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
2) Office Button : Berisi barisan perintah
untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru,
membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3) Akses Cepat Toolbar
(Quick Access Toolbar) : Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel
untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak
dan sebagainya.
4)
Toolbar : Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang
mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan
pengoperasian program.
5)
Help : Bila kita ingin bertanya sesuatu,
maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif
jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6)
Lembar Kerja (Workbook) : Baris
ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan
tombol pengendali.
7)
Cell
8)
Nomor Baris
9)
Nomor Kolom
10)
Nama Range
11)
Fungsi
12)
Penggulung vertical dan horisontal : Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung
layar vertikal dan horisontal.
4.
Istilah Dalam Microsoft Excel 2007
Untuk
lebih mengenalnya, berikut beberapa istilah dalam Microsoft Excel :
1. Cell : merupakan
bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255
karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3,
cell D5
2. Worksheet
(lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536
baris.
3. Workbook
(buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel
sheet1 sampai sheet 256)
4. Range : merupakan
sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan.
Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell
sudut kanan bawah. Contoh : A46 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif
: merupakan
alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika
dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5
formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6. Alamat
Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $
didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke
D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7. Alamat
Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $
didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada
formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3
formula pada C3 menjadi $A$1*5
8. Name Box : menunjukkan
pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range
melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain
range A5:G7
5. Fungsi Pada
Microsoft Excel 2007
Selain itu, ada juga
beberapa Fungsi yang sering digunakan didalam microsoft Excell,diantaranya
adalah sebagaiberikut :
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan
sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk
mencari nilai rata-rata,
penulisannya :
=average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk
mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :
=max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk
mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya :
=max(number1,number2,…)
Digunakan untuk
menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk
menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya :
=stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk
menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya :
=var(number1,number2,…)
Sekian penjelasannya.
Terimakasih atas kunjungannya, mohon maaf bila ada salah kata.
Semoga bermanfaat :D
0 komentar:
Posting Komentar