Jumat, 14 Februari 2014

MATERI UJIAN PRAKTIK TIK 9 : (KELAS 8 / II) PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA

MICROSOFT EXCEL 2007

 

A.      Pengenalan Microsoft Excel 2007

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

           1.       Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
1.   Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2.   Setelah muncul tampilan menunya pilih Program.
3.   kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel, tunggu beberapa saat hingga buku kerja Excel ditampilkan.
4.   Buku kerja siap digunakan

2.       Cara mengakhiri Exvel 2007
Cara untuk menutup proram adalah dengan cara mengklik tombol “close” yang terdapat di sebelah kanan atas windows Excel atau dapat juga melalui icon control menu yang terdapat di pojok kiri, caranya:
a.       Klik ikon menu Microsoft Excel 2007
b.      Pilih dan klik Exit Excel


            3.        Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus  
mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel.
Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:
1)      Judul : Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.

2)      Office Button : Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish  dokumen.

3)      Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar) : Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.

4)      Toolbar : Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.


5)      Help : Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6)      Lembar Kerja (Workbook) : Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7)      Cell
8)      Nomor Baris
9)      Nomor Kolom
10)   Nama Range
11)   Fungsi
12)   Penggulung vertical dan horisontal : Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal.


            4.       Istilah Dalam Microsoft Excel 2007
Untuk lebih mengenalnya, berikut beberapa istilah dalam Microsoft Excel :
1.       Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
2.       Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3.       Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4.       Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A46 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5.       Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6.       Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7.       Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
8.       Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7     

             5.       Fungsi Pada Microsoft Excel 2007
Selain itu, ada juga beberapa Fungsi yang sering digunakan didalam microsoft Excell,diantaranya adalah sebagaiberikut : 

1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)

2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)

3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)

4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)

5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih

6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)

7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)

Sekian penjelasannya.
Terimakasih atas kunjungannya, mohon maaf bila ada salah kata.

Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar